MUSDES Dalam Rangka Pengolahan Sampah

Kalijaga Timur 29 Juli 2019 05:09:57

MUSDES - Sampah tidak henti-hentinnya menjadi permasalahan bersama. Setiap harinya kita menyumbang berkilo-kilo sampah, baik itu sampah plastik, sampah organik dan juga sampah kategori B3 (bahan berbahaya dan beracun). Sampah menyimpan bibit penyakit dan bakteri berbahaya, tidak hanya untuk manusia tetapi juga lingkungan. Maka dari itu perlulah diadakan penanganan khusus dan serius untuk mengelola sampah dengan baik supaya tidak mengganggu serta mengancam kesehatan dan ketentraman masyarakat. Untuk itu pada tahun 2019 di Desa Kalijaga Timur, Kecamatan Aikmel, Kabupaten Lombok Timur diadakan Musyawarah Desa (MUSDES) (Rabu, 17/07 2019) bertempat di Aula Kantor Desa Kalijaga Timur.

Musyawarah Desa ini dihadiri oleh Kepala Desa, unsur Perangkat Desa, BPD, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, LKMD dan Kader PKK. Acara di awali dengan pembukaan dan sambutan dari Kepala Desa Kalijaga Timur (ABDUL MANAN, SH)  dilanjutkan dengan Perkenalan KKN Tematik Universitas Mataram 2019 dengan Program Tuntas Admin DUK yang diharapkan dapat membantu pemerintah desa dan Sambutan Kapolsek Kec. Aikmel yang berpesan agar masyarakat selalu tetap waspada dan  dapat membantu polmas dalam bidang keamanan.

Dalam Sambutannya Kepala Desa Kalijaga Timur (ABDUL MANAN, SH) menyampaikan agar peserta KKN Unram dapat membantu pemerintah desa khususnya dalam Administrasi Kependudukan. Kepala Desa Kalijaga Timur juga berpesan agar penanganan sampah dapat dilakukan oleh masyarakat dan TPA (Tempat Pembuangan Akhir) sudah disiapkan lokasi seluas ± 20 are, begitu pula dengan pemekaran Kadus yang segera di rekrut.

Selanjutnya dilakukan beberapa persiapan untuk pengolahan Sampah yang sudah di Musyawarahkan dan disepakati. Beberapa hal yang berketetapan menjadi kesepakatan akhir dari musyawarah desa dalam rangkaPengelolaan Sampah yaitu:

  1. Setiap Kepala Keluarga menyiapkan 2 (dua) buah karung untuk menampung sampah di masing-masing rumah
  2. Petugas sampah yang sudah disiapkan oleh desa harus dilengkapi dengan Argo (Kereta Angkut) di masing-masing RT/Kadus
  3. Sampah dipilah dan dipisahkan kedalam kategori sampah organik dan sampah non-organik kemudian dimasukan kedalam karung yang sudah disiapkan

Demikian rangkaian acara MUSDES dalam rangka pengolahan sampah yang dilaksanakan di Desa Kalijaga Timur, Kecamatan Aikmel, Kabupaten Lombok Timur sampai selesai.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Aparatur Desa

Wilayah Desa

Peta Desa

Peta Lokasi Kantor Desa

Kalender+Jam

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Komentar Terkini

Sinergi Program

BAKSO Pajak On-line Radar Lombok
Prodeskel Kemendes Pemkab. Lotim
Pemkab Lotim Provinsi NTB Bakso
Kecamatan Aikmel

Media Sosial

.

The Alien

serba serbi