LOKAKARYA FINALISASI STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR

Kalijaga Timur 17 Mei 2018 02:04:45

Layanan Publik menjadi salah satu prioritas yang dioptimalkan. Karenanya, seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Pemerintah Desa di Lombok Timur diharapkan mampu membangun komitmen untuk membahas Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat. Demikian disampaikan Penjabat Sementara (PjS) Bupati Lombok Timur, H. Ahsanul Khalik saat membuka Kegiatan Loka Karya Finalisasi SOP Pelayanan Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lombok Timur yang dilaksanakan di Ballroom Lantai 2 Kantor Bupati Lombok Timur, Selasa (15/5) kemarin. Kegiatan ini merupakan kerjasama Pemda Lotim dengan KOMPAK dan di Hadiri oleh Operator Sistem Informasi Desa (SID) dan Pokja Adminduk serta Instansi lainnya.

Satu hal yang utama dalam pelayanan publik, ungkap H. Ahsanul Khalik adalah kesederhanaan. Di mana, pelayanan hendaknya menghindari proses yang berbelit-belit yang tentunya, tetap disesuaikan dengan aturan yang ada di Kabupaten Lombok Timur dengan melihat kapasitas, kualitas dan kondisi karakteristik masyarakat Lombok Timur. 

Karena begitu pentingnya pelayanan publik yang dioptimalkan, pemerintah daerah terus mendorong seluruh OPD agar memiliki SOP yang menjadi acuan pelayanan yang dapat diketahui oleh masyarakat. SOP yang dibuat juga hendaknya tidak boleh berubah-ubah yang diartikan beda dalam pelaksanaannya. Sebab, tujuan dibuatnya SOP adalah untuk memberikan kemudahan pelayanan bagi masyarakat. 

Dengan adanya SOP pelayanan, setiap lembaga yang memberikan pelayanan akan mengacu pada aturan yang ada. Terutama, pada pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil (dukcapil) yang paling aktif setiap hari. Pembuatan SOP menjadi bagian dari upaya untuk memenuhi hak-hak masyarakat dalam pelayanan administrasi yang baik serta dilengkapi dengan dokumentasinya yang baik pula. 

Sementara itu, perwakilan dari KOMPAK Lombok Timur, Nanik Muntohiyah mengutarakan bahwa pihaknya telah melakukan sejumlah terobosan yang telah dikembangkan dengan bekerjasama dengan Dinas-dinas yang ada di Lombok Timur. Diharapkan, Loka Karya ini berlangsung dengan baik dan dapat melakukan penyempurnaan dan perbaikan terhadap Rencana yang sudah dikembangkan itu. 

Ada penekanan dalam penerapan sistem operasional existing melalui one service point atau pelayanan satu pintu dalam setiap lembaga yang memberikan pelayanan publik. Termasuk, dalam pelayanan yang diberikan di desa. Diharapkan, dengan adanya layanan satu pintu ini, diharapkan target layanan publik yang baik seperti yang dihajatkan masyarakat banyak dapat terpenuhi. 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Aparatur Desa

Wilayah Desa

Peta Desa

Peta Lokasi Kantor Desa

Kalender+Jam

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Komentar Terkini

Sinergi Program

BAKSO Pajak On-line Radar Lombok
Prodeskel Kemendes Pemkab. Lotim
Pemkab Lotim Provinsi NTB Bakso
Kecamatan Aikmel

Media Sosial

.

The Alien

serba serbi