Dengan Program BAKSO, Warga Lotim Bisa Urus Adminduk Secara On-Line

Kalijaga Timur 07 Mei 2018 15:49:37

Finalisasi SOP Aplikasi SID-BAKSO (Bikin Adminduk Secara Online)

Pemkab Lombok Timur terus berupaya memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat, khususnya dalam kepengurusan administrasi kependudukan. Pemkab Lombok Timur menggandeng Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan (KOMPAK) kemarin (18/4) menggelar kegiatan tersebut di kantor Bupati Lombok Timur.

“Ini cita-citanya adalah bagaimana Dinas Dukcapil sebagai perwujudan dari pemerintah daerah melalui pemerintah desa bisa memberikan pelayanan cepat kepada warga. Terutama untuk persoalan administrsi kependudukan,” terang Distrik Koordinator KOMPAK Nanik Muntohiyah.

Karena selama ini disinyalir dalam pembuatan dokumen kependudukan seperti Kartu Keluarga, KTP hingga akta kelahiran masyarakat kerap dibebankan biaya. Hingga kemudian muncul juga persoalan dugaan Pungli, petugas mempersulit masyarakat dan masalah lainnya. Sehingga dengan terintegrasinya Aplikasi SID dengan Aplikasi BAKSO ini sebagai salah satu cara agar masyarakat yang sedang membuat Adminduk bisa lebih mudah.

“Mereka itu tidak harus datang ke Dukcapil. Tidak harus mengeluarkan biaya dan antre. Ini mendekatkan pelayanan Dukcapil ke desa,” terangnya.

Aplikasi SID-BAKSO ini juga kerap disebut dengan istilah membuat loket-loket Dukcapil di desa. Sehingga warga yang membutuhkan pelayanan Adminduk itu cukup di desa. Mekanismenya inilah yang kemudian harus disesuaikan agar pemerintah desa bisa terintegrasi dengan Dukcapil. Dengan catatan, setiap desa yang ada di Lotim harus punya data valid warganya yang tidak punya Adminduk. Baik itu Kartu Kelauraga, akta kelahira, KTP dan sejenisnya.

Data tersebut bisa diupdate dengan beberapa cara. Yang pertama yakni Dinas Dukcapil mengirimkan data warga desa yang belum punya adminduk kepada pemerintah desa. Baru kemudian pemerintah desa melalui perangkat desa akan mem-follow up untuk verifikasi.

“dikutip dari harian Lombok Post"

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Aparatur Desa

Wilayah Desa

Peta Desa

Peta Lokasi Kantor Desa

Kalender+Jam

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Komentar Terkini

Sinergi Program

BAKSO Pajak On-line Radar Lombok
Prodeskel Kemendes Pemkab. Lotim
Pemkab Lotim Provinsi NTB Bakso
Kecamatan Aikmel

Media Sosial

.

The Alien

serba serbi