RKPDes Tahun 2016

Kalijaga Timur 14 Juli 2017 06:25:01 RKPDes Tahun 2016

Rencana  Kegiatan Pemerintahan Desa (RKPDes)  ini didasarkan  pada  Undang-Undang  Nomor  25  Tahun  2004 tentang  Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional; Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4587); Peraturan Pemerintah  Nomor  39  Tahun  2006  tentang  Tata  Cara  Pengendalian  dan Evaluasi  Pelaksanaan Rencana Pembangunan; Memberi amanah kepada pemerintah   desa   untuk  menyusun program pembangunannya sendiri.   Melalui proses   pelibatan masyarakat dalam proses perencanaan dan  penyelenggaraan pembangunan desa, yang dimasukkan dalam forum perencanaan yang disebut musyawarah perencanaan   pembangunan   desa   (Musrenbang Desa) diharapkan   upaya peningkatan kesejahteraan  masyarakat  secara  merata  dan  berkeadilan  lebih bisa tercapai.

Musrenbang  menghasilkan  dua  dokumen rencana pembangunan desa  yaitu  Rencana  Pembangunan  Jangka  Menengah  Desa  (RPJMDesa) untuk  Enam  tahun  ke  depan  yang  ditetapkan  dengan  Peraturan  Desa  dan Rencana  Kerja  Pembangunan  (RKP)  untuk  tahunan  yang  ditetapkan  dengan Peraturan Desa.

Desa Kalijaga Timur  adalah salah satu desa pemekaran yang ada di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur yaitu pemekaran dari Desa Kalijaga. Sehingga Desa terus berupaya mengejar semua segi ketertinggalan dan meletakkan dasar yang kokoh, salah satunya dengan membenahi diri melalui pelaksanaan bentuk kegiatan pembangunan. Pembangunan yang dilakukan tidak hanya dalam bentuk pembangunan fisik, namun juga pembangunan sumberdaya manusia.

Di sisi lain lemahnya pemahaman dan keterampilan teknis tentang perencanaan pembangunan secara partisipatif mengakibatkan masih terpusatnya rencana pembangunan pada penyelesaian masalah-masalah fisik seperti: pembangunan sarana peribadatan, pembangunan jalan, pembangunan sarana pemerintahan dan lain-lain sedangkan masalah-masalah yang berkaitan dengan peningkatan kapasitas masyarakat kurang mendapat perhatian dalam perencanaannya. Hasil perencanaan nampaknya juga masih lebih banyak mengharapkan dukungan dari luar, dan kurang memperhitungkan potensi yang dimiliki. Lemahnya informasi dan data penunjang menyebabkan hasil perencanaan yang diusulkan ke Pemerintah Kabupaten khususnya  menjadi kurang mendapatkan perhatian dan dukungan.

Selain itu pendekatan pembangunan yang terjadi selama ini masih dilakukan secara parsial, artinya hanya melihat aspek/bidang tertentu saja dan kurang memperhatikan keterkaitan satu aspek/bidang dengan aspek/bidang lainnya serta tidak memiliki visi (tujuan dalam waktu yang lebih panjang). Ukuran keberhasilan pembangunan juga kurang nampak pada hasil perencanaan sehingga pada akhir pelaksanaannya sulit mengukur keberhasilan pembangunan yang dilakukan termasuk juga perubahan dan dampaknya bagi masyarakat. Kurang jelasnya keterkaitan antar aspek/bidang dalam rencana pembangunan mengkibatkan program dukungan pihak luar seringkali berjalan sendiri-sendiri serta program tahunan desa yang dirancang tidak jelas tujuan yang ingin dicapai untuk kurun waktu tertentu. Karena itu, pendekatan pembangunan Desa Kalijaga Timur selayaknya dilakukan secara holistik /menyeluruh dengan memperhatikan hubungan/keterkaitan satu bidang dengan bidang lainnya sehingga dapat memberikan percepatan pembangunan Desa Kalijaga Timur sesuai harapan.

Berbagai kondisi tersebut mulai disadari oleh masyarakat Desa Kalijaga Timur sebagai bentuk penyebab ketidak berlanjutan dan kurang optimalnya berbagai program yang dilaksanakan di Desa Kalijaga Timur. Sebagai wujud kesadaran yang mulai tumbuh maka Desa Kalijaga Timur telah melakukan proses penyusunan Rencana Kegiatan Pemeritahan Desa (RKPD) Desa Kalijaga Timur secara partisipatif (pelibatan berbagai unsur masyarakat yaitu masyarakat kaya-miskin, laki-perempuan, tokoh masyarakat, tokoh pemuda-pemudi dan perwakilan institusi yang ada di desa). 

Dokumen Lampiran : RKPDes Tahun 2016


Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Aparatur Desa

Peta Desa

Peta Lokasi Kantor Desa

Kalender+Jam

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Komentar Terkini

Sinergi Program

BAKSO Pajak On-line Radar Lombok
Prodeskel Kemendes Pemkab. Lotim
Pemkab Lotim Provinsi NTB Bakso
Kecamatan Aikmel

Media Sosial

.

The Alien

serba serbi